February 17, 2010 3

Evernote, Software Wajib Yang Suka Nyimpan dan Bikin Notes

By in Download, Software

Saya termasuk orang yang suka berhubungan dengan notes. Entah untuk menyimpan sementara ide yang muncul begitu saja, menyimpan beberapa paragraf dari text di internet untuk inspirasi, dan membacanya kembali di waktu luang.

Sejauh ini saya mengandalkan notepad dan text edit(mac). Effektif memang, dengan texteditor sederhana proses menjadi ringan. Tapi lama lama terasa malas dengan prosedur save dan open. Ribet saja. Hanya untuk melihat catatan kecil harus membuka program, mencari dokumen dan melakukan hal yang sama untuk notes lain. Belum dengan notes yang bejibun. Pengorganisiran notes menjadi susah.

Screen shot 2010-02-17 at 6.02.05 AM.png

Bersyukur ketika tau di Mac ada program Stickies. Kita tidak perlu menyimpan file. Karena apa yang kita tulis tidak akan hilang walaupun kita close dan quit program tersebut. Ketika program di buka lagi keadaan notes masih ada seperti sedia kala.

Screen shot 2010-02-17 at 9.50.05 AM

Sampai akhirnya saya menemukan referensi plug-in mozzilla yang sesuai menggantikan Stickies bahkan melebihi yang saya butuhkan. Dengan install plug-in “Evernote” di Mozzilla. Kita bisa dengan mudah membuat notes dengan meng-copy dari halaman web hanya dengan klik kanan.

Screen shot 2010-02-17 at 5.41.00 AM.png

Kita juga bisa screenshoot dan menyimpannya sebagai notes.

Screen shot 2010-02-17 at 5.41.37 AM.png

Yang lebih menarik lagi sekaligus merupakan keunggulan dari evernotes, kita akan terdaftar secara gratis di webnya dan menyimpan notes di server. Ketika kita menggunakan software yang diunduh dan diinstall di komputer kita pun proses sinkronisasi akan dilakukan.

Screen shot 2010-02-17 at 5.53.31 AM.png
Jadi kita ketika kita tidak membawa komputer sekalipun, kita bisa mengakses notes kita asalkan kita terhubung ke internet. Dan ketika kita terhubung ke internet dan namun tidak memakai komputer pribadi, kita juga bisa save sebuah notes dan ketika komputer pribadi kita terhubung dengan internet secara otomatis akan melakukan sinkronisasai dengan notes yang ada di akun evernote kita.
Screen shot 2010-02-17 at 9.36.39 AM.png

Dan hal yang saya suka dari softwarenya, proses mengorganisiran notes jadi semakin mudah. Kita bisa mambahkan tag dari notes kita. Dan dari banyak notes kita bisa menggabungkan menjadi satu dengan me-merge-kan notes kita yang terpisah pisah.
Screen shot 2010-02-17 at 6.00.20 AM.png

Silahkan download aplikasinya di sini.

Tags:

3 Responses to “Evernote, Software Wajib Yang Suka Nyimpan dan Bikin Notes”

  1. difana says:

    hm….. bukane di laptop biasa juga bisa tho?

  2. cendhika says:

    bisa.. udah coba kah? jangan jangan udah punya?

  3. difana says:

    dulu pernah diajari…sekarang lupa…hehehe..lbih suka nulis note di hape aja…

Leave a Reply


7 × = 28