February 19, 2010 11

Software Gamelan karya Perancis

By in Budaya, Download, Software

180px-Traditional_indonesian_instrument_being_played_at_the_indonesian_embassy.jpgBagaimana menurut anda apabila kesenian daerah milik Indonesia, yang mungkin sedikit dari kita yang mau untuk mendengarkannya apalagi belajar untuk memainkannya, oleh sekelompok orang dari Perancis tidak hanya tertarik mempelajari dan memainkan, namun juga menjadikannya sebuah program simulasi permainan musik gamelan yang bisa dikatakan lengkap banget.

Adalah Gamelan Mécanique hasil karya Catherine Basset yang saya dapatkan dari situs resminya ketika browsing tentang gamelan di google. Dengan program ini pengguna tidak hanya bisa memainkan alat musik secara individual. Namun alat musik ini akan memainkan sebuah lagu dari kombinasi perangkat musik gamelan dari tiap jenis berbeda. Kita bahkan bisa melihat pertunjukan gamelan dan memperhatikan perbedaan irama dari gamelan Jawa, Bali dan Sunda.

Sekar Alit

sekar-alit.jpg

Lancaran

lancaran.jpg

Gilak Baris

gilak-baris.jpg

Untuk bisa memainkannya secara online, anda perlu memastikan browser anda sudah terinstall shockwave player. Atau mengunduh dan memainkan secara offline dengan format Director. Siapa yang menyangka kita bisa menikmatik kesenian lokal dari hasil karya negara lain.

Tags: , , ,

11 Responses to “Software Gamelan karya Perancis”

  1. difana says:

    wah…..ternyata beda2 ya namae….kok gag dijelasin itu darimana aja?jadi penasaran asalnya…. :)

  2. Bayu Setiaji says:

    begitulah…

    itu bisa jadi inspirasi untuk bikin game Gamelan Heroes (buat nyaingin Guitar Heroes bikinan Amrik), trus tokoh-nya bisa ngambil karakter dalang legendaris kita Ki Hadi Sugito, misalnya… wkekeke.. asik tu.

  3. dexie says:

    sip, setuju sama Bayu Setiaji :D

  4. cendhika says:

    @dipdip : download dulu lah aplikasinya.. ntar lak lebih penasaran untuk coba dan puter berulang ulang lagu lagunya.. :)
    @mas bayu : wah itu ideku mas >_< lha kok wes kepikiran karo sampean.. insyaAllah.. integtasi sama multitouch :D . doakan ya mas.. :)

  5. cendhika says:

    @diki : yuk diki.. cari ide kreatif yang berhubungan dengan budaya :D

  6. dexie says:

    oke beres, tak dukung penuh :)

  7. Aveef says:

    bwoLLLLeeeeehhh.,.

  8. Aveef says:

    kok.., kalo blogku yang comlu gak bisa buat comment toh.., hwaaahh.,.,

  9. Aveef says:

    Coba kalo ini .,.,.,

  10. diona says:

    wah apik tenan e…
    suk tak gawe sg jathilan …
    hh

  11. cendhika says:

    wkwkw… boleh boleh.. kerjasama sama tim robotik amikom buat penarinya :D

Leave a Reply


7 × 2 =