May 18, 2010 4

4 Amalan yang Disukai Allah

By in Islami

Sudah selayaknya sebagai seorang muslim kita harus melaksanakan segala macam aktivitas di dunia ini atas dasar ibadah kepadaNya. Namun tahukah kita bahwa ada empat macam kriteria amalan yang disukai Allah apabila kita mengerjakannya.

Pertama, amalan tersebut harus dikerjakan dengan ikhlas. Ikhlas di sini masih dibagi lagi menjadi 3 hal.
Ikhlas dalam niat, berarti keputusan kita untuk memulai mengerjakan amalan tersebut sudah berdasarkan keinginan pribadi kita tanpa ganjalan di hati dan dengan mengharap Ridlo Allah tentunya.
Ikhlas dalam perbuatan, tidak jarang rasa tidak ikhlas muncul ketika kita sedang mengerjakan aktivitas amalan tersebut. Maka kita harus senantiasa berusaha mengingat niat awal kita yang ikhlas dan tetap mengingat bahwa amalan kita didasarkan pada keinginan kita untuk beribadah pada Allah SWT.
Ikhlas dalam hasil. Sifat riya’ muncul karena kita kurang terampil dalam mempertahankan keikhlasan pada akhir aktivitas amalan kita. Keinginan agar amalan kita diketahui, menyombongkan diri, pamer merupakan ciri ciri kurang ikhlas dalam hasil. Untuk itu kita harus senantiasa waspada atau amalan kita akan sia sia.

Kedua, amalan tersebut harus dikerjakan dengan benar. Amalan yang benar adalah tentu saja sesuai dengan Al Quran dan Hadist. Tidak dikurangi dan tidak pula dilebih lebihkan.

Ketiga, amalan tersebut harus berkualitas. Sebuah amalan kecil yang dikerjakan terus menerus lebih berkualitas daripada amalan besar namun hanya dikerjakan sekali. Kualitas amalan kita juga ditentukan oleh kesinambungannya.

Keempat, amalan tersebut hendaknya memberikan dapak positif bagi diri sendiri dan orang lain.

dikutip dari khotbah ju’at masjid Quwattul Iman, Condong Catur

Tags:

4 Responses to “4 Amalan yang Disukai Allah”

  1. imam says:

    subhanallah, nice artlicle…singkat, padat, berisi…mengena, trimksh mas smg kita bisa ikhlas dan istiqomah dlm belajar, berjuang, bertaqwa….amin
    oia sdikit ralat mas, nama masjidnya klo tdk salah “Quwwatul Islam”,,he3x,
    kami tunggu karya berikutnya…barokallah fix

  2. cendhika says:

    amien.. makasih mas imam.. semoga menjadi amalan yang disukai Allah dan membawa manfaat bagi saya dan orang lain.. sudah tugas kita sesamam muslim saling mengingatkan mas..

    eh iya mas.. saya ralatnya :D .. tengkiu mas imam :)

  3. dipdip says:

    susahnya untuk ikhlas….tapi harus belajar sech…semoga bisa menjadi manusia yang disayangi Alloh… :)

  4. cendhika says:

    amien.. semoga.. tetep semangat ya ukh ibadahnya :D

Leave a Reply


7 + = 16