August 11, 2010 2

Menyambut Ramadhan

By in Blog, Islami, Ramadhan 1431H

Assalamualaikum Wr.Wb

Marhaban Ya Ramadhan.. Alhamdulillah.. masih diberikan kesempatan merasakan Ramadhan 1431 H kali ini. Sudah pasti harus banyak hal yang istimewa di bulan yang jelas paling istimewa di kalangan umat Islam ini. Membuat seberapa istimewa Bulan Ramadhan kali ini jelas itu adalah pilihan kita masing masing.

Saya termasuk orang yang paling semangat dalam menyambut hal baru. Berbagai rencana saya lakukan di bulan ini termasuk keinginan saya untuk ber-safari Ramadhan berkeliling masjid masjid untuk melaksanakan shalat tarawih. Apalagi selain merasakan indahnya kebersamaan antar sesama umat dan mencari penceramah yang oke. Pilihan pertama sebenarnya ingin ke Masjid Agung. Tapi teman menyarankan untuk mencoba ke Masjid Syuhada Jogja.

IMG_2320

Saya sendiri sebenarnya pernah ke sana dan saya tau kalo Masjid ini konon katanya terkenal dengan manajemen ta’mir nya yang terbagus se-Jogja. Saya mengikuti saran teman saya. Setelah magrib pun saya berangkat ke sana untuk melaksanakan shalat Isya disambung dengan tarawih.

map

Perjalanan lumayan jauh ke sana. Sekitar setengah jam. Sampai sana sudah banyak jamaah yang menanti adzan. Di bagian dekat pintu masuk terpampang baleho besar yang memuat agenda masjid selama Ramadhan. Belum sempat saya melihat karena ingin segera mendapat tempat di depan. Shalat Isya pun didirikan. Saya tidak tau siapa imamnya tapi yang jelas cara imam membacakan surat.. Subhanallah.. sungguh merdu. Tidak salah rupanya memilih masjid ini. Saya sempat hampir menitikkan air mata mendengar lantunan bacaan shalat oleh imam. ( Tidak bisa membayangkan gimana rasanya shalat di Rumah Allah yang jauh di sana). Setelah shalat Isya. Tibalah saatnya shalat tarawih. terlebih dahulu ta’mir memberikan pengumuman dan perwakilan yayasan memberikan sambutan sekaligus membuka rangkaian agenda bulan Ramadhan.

ta'mir

Sungguh banyak agenda yang diberikan masjid Syuhada dalam rangka ramadhan ini.Kekaguman saya semakin bertambah ketika perwakilan yayasan meberikan sambutan. Beliau menyapaikan visi dari masjid Syuhada. Kalau tidak salah dari yang saya ingat ada 3 visi masjid syuhada. Manjadi Masjid Unggulan dan Modern di Jogja, yakni salah satu contohnya dengan memberikan yang terbaik kepada umat, ustadz yang mengisi setiap ceramah dan qori’ yang membacakan ayat ayat dan bacaan adalah unggulan dan bahkan beberapa di antaranya juara nasional. Selain itu masjid Syuhada juga ingin menjadi pusat pendidikan dan pusat aktvitas dakwah di Jogja. Masjid Syuhada diidam-idamkan menjadi masjid yang modern, yang berfungsi bukan hanya sebagai tempat ibadah solat dan semacamnya, melainkan lebih dari itu. Masjid Syuhada diidam-idamkan menjadi masjid yang memiliki keunggulan, keistimewaan, dan kekhususan dalam bidang pendidikan dan dakwah islamiyah secara utuh menyeluruh, bukan saja bagi masyarakat Yogyakarta, melainkan bagi umat Islam di seluruh Indonesia. sumber

Subhanallah.. sungguh mulia visi dan misi dari sebuah masjid, tampat umat akan kembali. Berikut adalah sedikit visualisasi dari agenda masjid Syuhada. Saya sengaja scan dari buku agenda yang dibagikan gratis kepada jamaah selepas shalat tarawih. (klik di gambar untuk tampilan full).

Jadwal Penceramah jadwal pencermah syuhadaInfo Kegiatan Ramadhan agenda syuhada

semoga bermanfaat.. :) Wassalamualaikum Wr.Wb

Tags: , , ,

2 Responses to “Menyambut Ramadhan”

  1. Aveef says:

    wah wah., keren.,.,
    Pertamax Gan! hwehwe

  2. cendhika says:

    Keduax

Leave a Reply


− 3 = 1