August 12, 2010 2

Mencapai Masyarakat Madani

By in Uncategorized

IMG_7853

Selama 350 tahun Indonesia dijajah Belanda. Perjuangan meraih kemerdekaan sungguh merupakan upaya yang luar biasa dari pahlawan kemerdekaan. Setelah proklamasi dikumandangkan, Bangsa Indonesia diharapkan menjadi bangsa yang maju, berdaulat, bermatabat, dll. Namun sampai sekarangpun Indonesia masih belum mampu menyamai Belanda. Bangsa yang telah menjajah kita. Pertanyaannya sudahkan cita cita proklamasi tercapai?

Memang bangsa Indonesia dewasa ini telah mencapai banyak sekali kemajuan. Namun dalam keadilan justru bangsa kita mengalami kemunduran. Setelah Reformasi justru bangsa Indonesia nampak tidak punya arah dan tujuan yang jelas.

Mewujudkan masyarakat Indonesia yang madani adalah cita cita bersama. Namun konsep demokrasi yang ada sekarang rupanya belum menuju pada demokrasi keadaban. Dimana kekuasaan dipandang sebagai sumber kekuatan untuk kepentingan pribadi atau golongan. Padahal jika mengacu pada konsep Islami. Kekuasaan sesungguhnya adalah bagaimana kita melaksanakan konsep waqaf. Waqaf Politik melalui diri kita untuk kesejahteraan umat.

IMG_7851

Jika kita amati pun sebenarnya sejak awal berdiri nya bangsa Indonesia melalui konsep pancasila sudah menerapkan konsep Hablum Minallah and Hablum Minannas. Sila pertama pancasila, Ketuhanan Yang Maha Esa mengatur hubungan manusia dengan Allah. Allahukabar, kalimat takbir yang sebagai salah satu rukun shalat yang awal. Begitu pula dengan sila terakhir pancasila, Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia, konsep Hablum Minannas, hubungan antar sesama manusia. Assalamualaikum Warakhmatulahi Wabarakatuh. Bagaimana sesama muslim saling mendoakan. Sebuah kepedulian antar sesama manusia.

Dalam Islam sendiri sebenarnya konsep dalam mengatur kehidupan antar manusia sudah tertuangkan dalam konsep jama’ah. Kita sering mendengar jama’ah masjid, jama’ah mushola, dsb. Namun pernahkan sebuah masjid mendata anggota jama’ahnya, pernahkah ada upaya saling mengenal dan mempererat persaudaraan. Jika tidak kita tidak lebihnya hanya orang yang sholat di tempat yang sama. Padahal apabila konsep jama’ah diterapkan bukan hanya kehidupan beragama yang akan lebih baik namun cita cita menggapai masyarakat madani akan lebih mudah tercapai sehingga cita cita proklamasi akan semakin dekat terwujud. Dalam rangka memperingati hari proklamasi yang sebentar lagi mari kita tingkatkan kepedulian antar sesama dalam jama’ah. Masyarakat Yogyakarta dalam lingkun Bangsa Indonesia.

*merangkum dari Ceramah Ba’da Isya’ Masjid Syuhada oleh H.Herry Zudiyanto, SE.,Akt.,MM (walikota Yogyakarta).

Tags: , ,

2 Responses to “Mencapai Masyarakat Madani”

  1. dipdip says:

    oalah…iki tho walikotane..laek ngerti…hehe..
    *seng disoroti ga penting ya?hehe..*

  2. cendhika says:

    -_-”

Leave a Reply


+ 1 = 10