November 10, 2010 6

Tutorial Tracing Foto (finished)

By in Desain, Tips, Tutorial

Setelah kita telah membuat fill pada gambar berupa warna putih, langkah selanjutnya adalah memikirkan warna. Pertanyaan yang paling sering muncul adalah bagaimana mendapatkan warna yang akurat, dan bagaimana membuat bayangan pada lekukan wajah dan tubuh? Ini adalah jawabannya :D

1. Memberikan Warna pada Fill

Dalam pewarnaan, langkah paling mudah yang bisa dilakukan adalah mewarnai gambar mendekati aselinya. Dengan mengambil sampel warna pada foto aseli tentunya. Pada corel terdapat fasilitas untuk mengambil sampel warna dan memasukkan pada pallete yang kemudian bisa kita gunakan. Namun bagaimana cara mudah mengambil sampel warna mengingat setiap bagian memberikan gradasi dan menghasilkan sampel warna yang berbeda. Caranya adalah dengan menyederhanakan warna foto menggunakan trace pada corel.

Terlebih dahulu duplikat foto utama untuk kemudian di-trace melalui menu bitmap -> Quicktrace

Kita akan mendapatkan tampilan gambar vector dengan komposisi warna yang lebih sederhana tentunya :D . Batas batas perbedaan warna itu juga yang nantinya kita gunakan untuk memberikan bayangan pada gambar kita.Sudah punya gambaran kan? :)

Okay. langkah pertama adalah jelas mewarnai gambar dengan warna mayoritas yang ada pada bagian tersebut. klik pada eyedropper tool, kemudian double klik pada palet fill pada bagian kanan bawah sehingga akan muncul dialog box.

Lantas klik add to palette untuk menambahkan warna tersebut ke palette warna sehingga kita bisa menggunakan kapan saja :D .

Setelah mewarnai bagian dasar gambar akan didapatkan tampilan sebagai berikut *warna baju saya ubah jadi pink biar gak ketahuan gambar foto yang mana*

Sepintas gambar tampak aneh banget *banyak yang putus asa pada tahap ini* hehe. But don’t worry.. never judge an art until it has finished to be made.. gambar tampak aneh karena gak ada bayangan di sana..

2. Menambahkan Bayangan pada Gambar

Dengan mengacu pada hasil trace tadi, menambahkan bayangan pada gambar menjadi begitu mudah. Langkah pertama adalah posisikan gambar yang sudah ditrace tadi tepat di atas gambar yang kita buat. Lantas saatnya untuk trace bayangan ;D. Sejak kita tidak perlu secara presisi membuat bayangan maka kita cukup menggunakan freehand tool supaya hasil lebih natural dan cepat tentunya ;) .

Ketika tracing, kita hanya perlu memikirkan bagian dalam dari bidang saja.. karena nantinya kita hanya akan memakai perpotongan antara bayangan yang kita buat dengan fill yang telah kita buat sebelumnya. Mulai dari yang paling lebar ukurannya berlanjut ke yang lebih kecil.

Lantas sembunyikan gambar pada bagian paling belakang dengan klik pada gambar lalu tekan Shift + PageDown

Dengan memakai acuan tersebut maka kita bisa membuat perpotongan dengan fill wajah dan mewarnai sesuai dengan warna bayangan. Masih sama dengan cara sebelumnya, yakni menggunakan intersection.

Hasil yang didapat adalah seperti ini

Lakukan hal yang sama dengan baju dan bagian lain. Cukup mengatur bolak balik posisi gambar dengan Shift +PageDown secara bergantian untuk menjadikan acuan dan bekerja dengan bidang bayangan yang telah kita bikin. Lakukan secara bertahap, 2 level pada bayangan dan 1 level untuk highlight (kalo mengacu pada gambar hasil quicktrace).

3.  Finishing dan Membuat Alis

Banyak yang merasa ribet ketika membuat alis.. padahal alis bisa dibuat dengan cara cukup mudah. Cukup menggunakan artisitc media tool.

Lantas pilih transparanchy –> uniform, atur agar alis terlihat agak transparan dan terlihat saling menumpuk.

Langkah selanjutnya adalah mengubah warna outline. Untuk mendapatkan kesan lebih realis saya biasa mengganti warna hitam dengan warna senada dengan fill namun dengan intensitas gelap. Jadi deh :D

Dengan tambahan sedikit kreatifitas bisa dikasih backround sesuai selera ;)

Selamat mencoba, semoga bermanfaat..

*maaf jika kurang jelas. Maklum amatiran ;p

Tags: , ,

6 Responses to “Tutorial Tracing Foto (finished)”

  1. adi s. bacel says:

    mas chen… mau donk dibuatin.. hehehe !! tukar link mas..

  2. achmad suyanto says:

    bagus banget tutorialnya.., pas yg gue cari….thx

  3. *ndlongop thok, cek aluse garapane*

  4. cencen says:

    ahmad : thanks :D di share ya kalo berkenan :D
    @mas effendy : heheh.. ini masih dasar kok mas :D

  5. dphy says:

    hmmm… boleh cen aq di ajari..
    atau aq dibuatin hihiiiiii… :D

Leave a Reply


5 + 5 =