April 13, 2011 10

99Designs.com, Situs Iseng Iseng Berhadiah $$$.

By in Blog, Desain, Kompetisi

Saya termasuk orang yang suka ikut lomba, termasuk dalam bidang yang saya tekuni ini, terhitung beberapa kali saya ikut lomba desain. Baik itu desain grafis maupun desain web. Alhamdulillah beberapa di antaranya juga menang. Beberapa diantaranya saya update di sini dan sini (rilis di Amikom ada di sini). Yang terakhir saya memenangkan lomba web desain Amikom yang hasilnya bisa dilihat di sini. Lomba tidak datang setiap saat, sering kali saat nganggur tidak banyak kerjaan  dan saat semangat menggebu untuk ikut lomba, hasilnya nihil ketika melihat papan pengumuman Amikom yang dulu sewaktu masih jadi mahasiswa aktif ke kampus jadi andalan mendapatkan informasi lomba tidak ada satupun pengumuman lomba yang bisa diikuti. Tapi beberapa waktu terakhir ini, lomba datang setiap hari! Puluhan lomba siap untuk dipilih, dan yang paling bikin semangat, hadiahnya ratusan bahkan sampai ribuan dollar! What a cool!

Itulah 99designs.com, situs kontes desain yang menghubungkan pihak penyelenggara contest (Contest Holder) dengan peserta yang tidak lain adalah desainer. Bisa dipastikan, pihak penyelenggara kontes tidak lain adalah orang yang membutuhkan desain “juara” untuk kepentingannya. Banyak tidaknya kontestan yang ikut, biasanya tergantung pada jumlah hadiah yang ditawarkan. Tidak tanggung tanggung, untuk desain web berekstensi .jpg saja, pihak CH mau memasang hadiah $400! bahkan untuk kontes logo bisa sampai ribuan dollar! (tapi jangan kaget kalau saingan juga bisa sampai ratusan bahkan ribuan peserta). That’s 99designs.com.

Saya sendiri terhitung sudah 7 kali mengikuti kontes webdesign. Dari kesemua kontes yang saya ikuti, baru sekali saya menang. Uniknya, saya menang saat pertama kali ikut kontes! Saat itu saya mengikuti kontes untuk membuat webdesign untuk toko matras tidur (sprei) untuk sebuat berusahaan di U.K. Inilah desain saya yang menjadi pemenang kala itu.

Dan untuk ke-6 kontes yang lain, saya kurang beruntung untuk bisa dipilih pihak CH sebagai juara. Namun tidak lantas membuat saya menyesal, karena manfaat yang didapatkan dari mengikuti kontes sungguh signifikan untuk perkembangan kemampuan desain saya. Bagaimana tidak? Kita para desainer mendapatkan tugas sama, waktu pengerjaan sama namun bisa dipastikan hasilnya berbeda beda. Tidak jarang saingan berasal dari desainer desainer web yang udah top dari seluruh dunia. Yang jelas saya banyak belajar dari karya mereka. Mengetahui kelemahan karya saya dan mempelajari sebuah karya juara.

Hari ini pun, sebuah kontes yang saya ikuti sedang menunggu pengumuman dari pihak CH. Batas waktu seminggu sudah terlampaui. Tidak banyak menaruh harapan untuk kontes berhadian $500 kali ini. Optimisme tetap ada, namun yang jelas saya mendapat banyak ilmu dengan hanya melihat hasil desain perserta yang lain. Berikut adalah hasil karya yang mendapat rating tinggi dari CH, karya saya salah satu diantaranya. (paling bawah) Kira kira siapa ya yang dipilih pihak CH?

(klik gambar untuk ukuran lebih besar)

Tags: ,

10 Responses to “99Designs.com, Situs Iseng Iseng Berhadiah $$$.”

  1. design design design … keep design gan .. tanpa sadar akan menghasilkan $$$$ nantinya .. good luck

  2. cendhika says:

    thank u gan ;)

  3. kaos polo says:

    patut dicoba.. thanks informasinya bro

  4. wah mantabs juga nih

  5. rianti says:

    Inspiring loh ceritanya .. Jadi semangat design web lagi :D

  6. hafiz says:

    bagus ni info ,buat semangat para pemain di 99designs ,kunjungi juga
    http://design-programming.blogspot.com/
    full mengenai freelance ,99designs juga termasuk ,dan banyak lagi ….

  7. Miftahur says:

    Top banget!!! Semoga dapat hasil yg terbaik!
    Ijinkan aku mengikuti jejakmu Mas . . .:Mupeng Belajar Web Desain:

  8. hafiz says:

    salam kenal semua… saya freelance designer ,bagus banget web design di atas… saya terkesan oleh pembuatnya ,mampir ke

    http://pcudi.blogspot.com/

    banyak banget info freelance logocontest ,elance,odesk,99desigs ,banyak banget da….

  9. r bimantara says:

    wah bagus2 design nya. jd pengen belajar juga web design.
    mau tanya ni kk..btw kalo ikut kontes gitu kita kumpulin gambarnya doank (hasil potoshop) atau harus dah jd html??

    mohon penjelasannya donk masih newbie ni..

  10. cendhika says:

    @hafiz : thanks fiz infonya :)
    @mifta : yuuk semangat miif!
    @bimantara : cuman photoshop aja.. tapi biasanya nanti kata beberapa temen yang sering menang pihak CH juga minta tolong untuk html kan.. yang gitu woth $1000 :)

Leave a Reply


6 − 4 =