September 25, 2011 11

Canon Photomarathon 2011 di Yogyakarta

By in Blog, Fotografi, Kompetisi

Alhamdulillah.. akhirnya kesampaian juga ikut gelaran lomba fotografi akbar yang diadakan secara official oleh merk kamera yang juga saya pakai. Mengingat penyelenggara langsung dari pabrikan yang bersangkutan, sudah barang pasti ni event bakal meriah dan wah bgt. Dan itu saya buktikan sendiri. This is the best photography event I ever attended!

Selain hadiah yang menggiurkan (kamera DSLR dan jalan jalan ke Bali dan Ke Pulau Tasmania, Australia untuk event di Jakarta) event yang sudah diselenggarakan untuk ketiga kalinya ini cukup menarik karena untuk tahun kemaren, Canon berhasil mencatatkan rekor sebagai lomba foto dengan peserta terbanyak! >2400 fotografer tumplek blek dalam satu lokasi. Well sudah bisa dipastikan jadi pesta fotografer akbar dari seluruh Indonesia. Untuk mensplit jumlah peserta atau memang ingin mengexpand event lebih luas, kali ini untuk Indonesia diselenggarakan di dua kota. Yogyakarta salah satunya.

Acara berlangsung dari pagi hingga malam hari. Saya sendiri datang pukul setengah tujuh dan sudah disambut dengan pemandangan banyaknya topi merah dan rompi biru di sana sini. Well.. sedikit kecewa sebenernya. Tahun kemaren rompi yang didapat peserta cukup keren, berwarna krem dan sedikit sponsor. Terlanjur pake baju coklat senada supaya matching, eh dapatnya hijau.. tapi gak papa tetep keren kok :D .

Supaya lebih gampang ceritanya berikut beberapa foto yang sempat saya abadikan :

 

Suasana sekitar panggung sebelum lomba.. sepertinya peserta masih terkonsentrasi untuk menukarkan print out email registrasi dengan rompi, topi sekaligus menukarkan kupon snack dengan makanan kecil pengganti sarapan.

Bahkan (maaf) tanpa kondisi tangan yang utuh bahkan tanpa jari dan lengan pun ibu ini masih mampu dan ikut berbaur memotret peserta peserta lainnya tanpa terlihat minder sedikitpun.. Salute!

Kategori dibagi 2, salah satunya adalah kategori camera pocket. Anak kecil pun pede untuk bersaing dengan fotografer lainnya.

Kristupa Saragih, founder Fotografer.net sekaligus salah satu dewan Juri untuk kategori DSLR.

Risman Marah, dosen ISI sekaligus dewan Juri. Motret pake iPad apa cari sinyal ya om?

Sebelum lomba dimulai terlebih dahulu foto bersama. Panggung stage nya buat fotografer dokuementasinya aja oke banget. Event wah bener ni.

Sebanyak 800an pasukan bertopi merah berrompi hijau siap hunting, termasuk Om di bawah ini yang tiba tiba aja semangat maju dan hadap kamera pas aku motret pake monopod and shutter relase. :D

Detik detik menunggu waktu hunting dimulai…


Sempetin narsis dulu sama Ryan Andrean, temen di Potrait AMIKOM buat kenang kenangan jadi peserta lomba.

Dan perlombaan pun dimulai tanda dipencetnya sirine oleh keseluruhan juri.

Jam raksasa icon waktu perlombaan. Bahkan saking strictnya dengan waktu, peserta wajib memotret jam pada saat perlombaan tanda keikutsertaan pada interval waktu yang ditentukan.

Perlombaan

Tema pertama dari lomba adalah “Batu”, batu?? motet apa ini?? proses hunting pun dimulai. Terlintas di benak jelas motret candi Prambanan. Tapi yang seperti apa? well ini yang saya dapat.

Ide foto siluet ini timbul ketiga saya tidak ada ide.. hehe.. liat awan yang bisa dibilang cukup lumayan banyak plus lokasi yang jauh, pengen bikin nuansa mendung yang oke plus ada siluet candi di bawah. Cukup puas dengan hasil foto, tapi ujung ujungnya saya berpikir ini bukanlah foto “Batu” yang mungkin diharapkan juri.. lanjuuutt..

Foto jungkir balik ini saya dapatkan dengan usaha yang tidak gampang.. well.. Candi utama ini dibatasi oleh Pagar besi. Motrat dari dekat pagar dengan fish eye jelas bikin pagar kelihatan. Akhirnya dengan kenekadan, saya memanfaatkan monopod dan shutter release untuk memasukkan kamera ke dalam pagar. Gara gara posisi kamera membelakangai candi, jadinya ya kebalik.. Tapi tidak ada pilihan lain selain mengumpulkan foto ini.. hmm..

Setelah lomba sesi pertama, peserta diberi jeda sekitar 30 menit untuk istirahat dan segera diumumkan tema kedua. Adalah “Hijau” ya.. hijau.. apa itu hijau? yang terlintas jelas daun daunan. Berhubung tema adalah tentang warna, maka sebelum motret saya mengatur picture style pada kamera. Saturasi saya maksimalkan, kemudia disusul dengan merubah WB Shift Bracketing pada maksimal Green. Jadilah foto foto seperti di bawah ini :



Oya, boneka di atas adalah card reader untuk SD card dari Canon. Diberikan gratis kepada seluruh peserta sebagai fasilitas. Cukup lucu, daripada gak ada obyek mending mortret ini deh.

Foto ini yang akhirnya saya kumpulkan, alasannya simple.. ini Ijo banget! (setengah putus asa gak dapat obyek oke).

Akhirnya waktu perlombaan habis.. saatnya bersenang senang sambil menunggu pengumuman pemenang. Sempat juga mengabadikan beberapa “monster” yang turut serta. These are these! The EOS 1DMark parade..

 

Capek capek habis hunting peserta disuguhi dengan tarian sexy dancer. Saya sendiri tidak minat (padune telat dapat tempat bagus).

 



Well saatnya sesi pemotretan model.. Satu persatu model dipanggil. Dua orang model yang saya tau dan mingkin juga referensi utama ke klien untuk project yang butuh model oke.

Sharon Devina, baru tau kalo lumayan jerawatan juga.

 

Yang ini namanya Ella. Wajahnya udah sering menghiasi beberapa majalah dan baleho.

Minggur dulu.. jangan lupa ini jalan bukan catwalk.. hehe


Kalo kondisi udah kayak gini paling males ikut motret.. Tapi lumayan lah dapat close up si Ipech..

Sharon Devina

Ella Emanuella..

Pengumuman Pemenang

Well setelah capek motret model, kini saatnya nunggu pengumuman pemenang, peserta pun dialihkan ke panggung belakang. Viewnya ajib gila. kapan kapan wajib deh liat sendratari Ramayana di sini (belum pernah liat soalnya)

Mas Kameraman yang kayak model

Kayak gini nie.. fotografer doc. profesional.. biar tajam pake tripod.. 5D + 24-70L book.. mancapp..

Salah satu temen yang jadi juara harapan.. Si Farhan. Selamat ya bradaaa!

Diakhiri dengan fireworks display! bener bener acara yang megah!

Well.. sekian dulu ya teman teman postingan tentang event yang baru kemaren saya ikuti ini. Untuk list foto pemenang silahkan cek di sini Semua foto nominasi dan pemenang dapat dilihat disini -> http://www.facebook.com/media/set/?set=a.252834644761920.64586.117891558256230

Tags: ,

11 Responses to “Canon Photomarathon 2011 di Yogyakarta”

  1. dipdip says:

    lucu ya kompetisinya…cepet-cepetan ngumpulin ide..hehehe..

  2. cendhika says:

    @dipdip: iya.. seru pokoknya.. tapi capeknya ya bener bener kayak lari marathon.. hehe
    @om kristupa : thank u om :D ijin motret 1D nya juga.. ;p

  3. Romo Farano says:

    Manthab..!!!!

  4. fotodeka says:

    jeng jeng jeng…. selamat atas ikut sertanyaa… :D hehehe

  5. cendhika says:

    @om romo : thanks om :)
    @fotodeka : hehe.. asal jangan selamat menikmati aja ;p

  6. rina says:

    mantap mas liputannya. foto2nya juga ok. fun banget ya. =D
    mas kharisma,,motretnya pake lensa apa?

  7. cendhika says:

    thank u rina :) ni foto foto nya pake lensa fish eye sama Tele. Kalo pengen jelasnya, ulasan kamera and lensa yang kupake ada di sini http://cendhika.com/blog/2011/08/review-pengalaman-memakai-beberapa-kamera-dan-lensa/

  8. rina says:

    siap…menuju TKP! :ngacir

  9. Ryan Andrean says:

    Mantab mas cend liputannya,…sampai saya nggak tau kalau ternyata motret ini itu,..sukses!!

  10. cendhika says:

    hehe.. awalnya ya iseng iseng, tapi diupload buat dishare ok juga ;p

Leave a Reply


× 6 = 54