October 15, 2012 3

Canon Photomarathon 2012 Yogyakarta

By in Blog, Fotografi, Kompetisi

Setelah sebelumnya mengadakan di Surabaya, kali ini gelaran CPM diadakan di kota Yogyakarta. Ini adalah kali kedua CPM diadakan di kota ini. Berbeda dengan event tahun lalu yang mengambil lokasi di candi prambanan, tahun 2012 ini Canon mengambil lokasi di Benteng Vredeburg. Saya sendiri sangat menyambut antusias event ini diadakan di lokasi ini. Selain tempatnya yang memang oke, Benteng vrederburg bisa dibilang termasuk area pusat kota Jogja yang tidak lain adalah titik 0km. Terlebih mengingat pengalaman chapter Surabaya yang sempat kebingungan mencari spot oke karena keterbatasan pengetahuan tentang area surabaya dan resiko kemacetan di jalan. Yogyakarta bisa dikatakan surganya spot menarik! Dari titik 0 km saja, segala penjuru adalah tempat wisata yang oke. Sebelum perlombaan pun sudah bisa dibayangkan bahwa hasil foto nanti bakal sangat beragam tergantung dari kemampuan peserta mencari spot dan menyesuaikan tema dan tentunya akan bernuansa khas keindahan Jogja.

Sebagai peserta dari kota sendiri, saya agak santai kali ini. Berangkat dari rumah jam 6:30, namun akhirnya saya sadar kenapa panitia menyarankan untuk datang lebih pagi..

Ternyata antri! bahkan antrian mengular sampai parkiran benteng. Buset, pikirku peserta banyak bgt. Eh ternyata antrian ini bukanlah antrian untuk registrasi ulang, melainkan antri untuk beli tiket masuk benteng! walah.. daripada ntar malah makin panjang akhirnya ikutan antri.

Setelah mendapatkan tiket akhirnya sampai ke booth registrasi ulang. Booth yang disediakan canon sendiri cukup banyak, jadi kekhawatrian antri panjang tidak terjadi. Tinggal nunggu beberapa detik, nanti ada security yang menassign no loket yang kosong ke peserta yang masuk ke pintu registrasi.

Eh dapat mbak penjaga stand registrasi yang imut imut..

Setelah daftar seperti biasa peserta mendapatkan identitas berupa rompi, topi, id card dan merchendise berupa buku, gantungan kunci dan notebook. Setelah banyak peserta terkumpul dan siap, acara dimulai. Diawali dengan briefing dari juri, kali ini Bapak Risman Marah.

Setelah dibacakan peraturan dan dipastikan semua peserta mengerti, sesi berikutnya adalah foto bareng, kemudian lanjut dengan ceremonial pembukaan Canon Photomarathon. Oh Ya.. pembukaan kali ini spesial banget! kalo di surabaya ditandai dengan pemencetan sirine oleh juri dan perwakilan Canon, di jogja kali ini ada rombongan prajurit keraton yang berparade menuju panggung. Sayang gara gara fokus ngevideo ga sempat motret.

Setelah pembukaan, tiba saatnya pengumuman tema foto. Saat yang mendebarkan sekaligus dinanti nanti. Dan temanya adalaaaaah…

Indahnya Jogja

Jreng jreng! bisa dibilang ini adalah tema yang paling umum dari gelaran photomarathon yang saya ketahui. Di dalam bayangan saya waktu itu, foto yang disubmit tentunya tidak hanya sekedar harus memotret foto dari area/bangunan yang indah, namun juga tidak motret nyleneh seperti makro, dsb karena otomatis tidak akan bisa merangkum keindahan jogja. Sontak bersama temen temen (Bhaguz, pak Budi, Andi) langsung mikir area mana yang paling indah di jogja. Ide taman sari muncul! dan saya setuju untuk saat ini itu adalah area paling indah dan masih tergolong terjangkau dari jarak lokasi. Langsung berangkat ke sana.

Akhirnya sampai ke taman sari.. eh ternyata pas masuk taman sari ketemu dua temen lagi yang naik becak. Mas Nanunk dan Edward dari Korea. Berikut adalah foto foto saya dapat.





Dari kesemua itu saya akhirnya mengirimkan foto terakhir. Alasannya simple, karena selain motret taman sari nya ada unsur kreatif disitu (saya bela bela in cari timba dan siram tanah berulang kali biar menggenang). Ide nya sie menggabungkan ide taman sari (yang water castle) dengan unsur air dalam genangan air. Cuman emang dari semua foto yang  saya dapatkan, semuanya less moment. Ga ada moment yang spesial yang bikin foto lebih bermakna.

Setelah motret jam sebaga tanda mengakhiri sesi foto dari waktu yang ditentukan, saatnya giliran kedua! Temanya adalah..

Warna Warni!

Hmm, banyak sie obyek warna warni, apalagi dekat taman pintar, di beringharjo pasti juga banyak obyek warna warni. Akhirnya kita jalan kali ini. Motret pertama adalah di taman pintar. Nemu dinding satu ini. Dan ternyata banyak banget peserta yang sepertinya motret sama. Akhirnya berpikir supaya bikin foto lebih beda. Saya putuskan untuk merotate lensa dan menzoom lensa. Gara gara cuman pake monopod, akhirnya masih rada shake -_-”.

Lokasi ke dua kita motret ke Pasar Beringharjo, banyak sie obyek warna warni, saking banyaknya malah jadi bingung karena keadaan pasar yang ruwet dan rada sumpek. Akhirnya malah dapat payung ini.

dan sedotan..

Iseng iseng motret lampu merah..

Dari keseluruhan foto tema warna warni yang saya potret, akhirnya saya putuskan untuk mengirim foto payung. Suka aja sama simetrisnya (kayakke yang ta upload bukan yang saya kirim).

Akhirnya lomba berakhir dan saatnya rangkaian acara yang lain. Workshop oleh Kristupa Saragih. Saya sendiri telat datang ke workshop karena mampir ke Rumah Bhaguz terlebih dahulu untuk istirahat sejenak dan mandi. Sepertinya temanya tentang teknik fotografi. Yang jelas peserta tampak antusias dan nyimak dengan seksama penjelasan dari Jendral.

Setelah workshop diadakan sesi motret model, namun sebelumnya peserta disuguhi tarian sexy dancer. Mungkin juga karena ada banyak peserta cewek, akhirnya sexy dancer juga ada cowoknya.

Yak dan model model pun yang tersebar pun dikeroyok rame rame!


Selain motret model yang disediakan, DJ juga ga luput dari keroyokan..

Akhirnyaa.. setelah seharian motret, kini saatnya duduk dan menunggu diumumkannya finalis..


Dewan juri mengakui bahwa input yang didapat Juri pada event kali ini di Yogyakarta sangat berkualitas dan beragam. Yang pasti juri kesulitan untuk memilih siapa yang masuk ke finalis kemudian menentukan juara. Bahkan Pak Risman Marah sampai serak suaranya (katanya juri bertengkar untuk membela foto foto yang baik.. nie Dosen emang suka bercanda :D )

Dan inilah finalis Canon Photo marathon 2012!

1. Tema Jogja Indah














2. Tema Warna Warni














Yak itulah masing masing 15 finalis dari 2 tema berbeda. Yang jelas semuanya keren dan semua jadi bahan pelajaran dan pengalaman peserta yang karyanya belum masuk finalis termasuk saya. Beginilah serunya foto marathon. Hasil foto yang muncul di layar emang kadang ga terduga dan pastinya tidak sedikit yang mengundang decak kagum dan applause dari peserta lain. Luar biasa, walau ga masuk tapi saya puasss liat hasil karya peserta lain yang masuk :D

Oh ya masih ingat ibu satu ini? pada postingan event tahun sebelumnya saya sempat motret beliau. Dan kali ni, pada gelaran event Canon Photomarathon, beliau mengajak serta suami dan kedua anaknya!

Akhirnya lomba diakhiri dengan pengumuman pemenang, cuman saat diumumkan pemenang saya lagi shalat magrib jadi ga sempat motret . Ntar deh setelah Canon secara resmi upload hasil lomba saya juga share di sini.

Pada akhir acara lagu “We are the champion” di putar. Tambah semarak dengan pesta kembang api yang megah bgt! Terima kasih Canon! for delighting us always!

Jangan lupa cekidot videnya juga ya ;)

Tags:

3 Responses to “Canon Photomarathon 2012 Yogyakarta”

  1. gal azhar w says:

    thanks mas, heheee artikel nya bagus :D poto sy jg muncul dsni :D
    keep jepreting !

  2. putry says:

    baagguusss, kerreennnn………… saya sukaaa…..

  3. putry says:

    kereenn

Leave a Reply


4 + 7 =