November 10, 2012 3

Manfrotto 190X Pro B + 496RC2

By in Blog, Fotografi

Manfrotto oh Manfrotto, baruu beberapa hari lalu di postingan sebelumnya saya cerita kalo mau nebus kamu ga kesampaian gara gara harga kelewat mahal, eh udah nebus tripod lain yang lebih affordable, ada temen nawarin Manfrotto Second. Awalnya ya ga minat, lha udah punya, beli lagi buat apa. 1,3 juta untuk tripod Manfrotto 190X Pro B. Ya emang sie ini tripod yang sempat saya incer pas survey di Artha. Cuman barunya di artha sekitar 1,8 jutaan. Selisih lumayan sie. Tapi tetep aja harus mikir untuk nebus headnya yang jelas muahal. Eh setelah dihubungkan sama temen sama penjualnya, si penjual bilang kalo tripod yang dijual udah sekalian sama headnya.. wait.. head manfrotto juga? seri apa? Dia bilang 496RC2.. *nahan nafas sejenak* really?? Satu set tripod manfrotto + head cuman 1,3 juta? Padahal kalo diitung barunya, 1,8 + 900ribu = 2,7juta, setengahnya lebih selisihnya. Iseng iseng nawar lagi, eh sama penjualnya dikasih harga pas 1,2 juta! XD Bungkusssss!!!

Pas Beli, ga kepikiran dah, mau pake yang Manfrotto atau Giottos, yang jelas pengen coba pake tripod mahal + bandingin sama tripod yang baru aku beli. Kesan pertama pegang tripod manfrotto adalah nie tripod berattt! build quality nya emang oke bgt. Solid! tampilannya nya juga futuristik tapi ga norak. Finishingnya halus, kelihatan banget kalo emang ini produk berkualitas. Kesimpulannya ada harga emang ada rupa :D .

Headnya lebih kecil dibanding dengan punya Giottos, penampang atasnya sama sama karet. Yang bikin tripod head manfrotto ini oke adalah ada sekrup friciton yang bisa mangadjust seberapa “seret” ballheadnya, terasa banget untuk ngatur adjustment yang lebih presisi.


Di bagian atas tripod ada waterpass Sayangnya waterpass di head ga tersedia.. padahal manfaat waterpass sebenernya ya di headnya.

Di bagian tengah atas tripod ada handle untuk cantelin sesuatu, sama kayak tripod giottos, cuman tool box nya ga tersedia. Entah memang ga ada atau emang udah ga ada dari penjualnya.

Yang rada unik adalah ada button di bagian bawah tripod pipe nya. Penasaran juga fungsinya buat apa, kalo Giottos, bagian bawah tripod ada handle untuk pemberat. Di manfroto digantikan sama ini (udah ga perlu kasih pemberat gara gara udah berat kali ya).

Ketahuan deh fungsi dari tombol di bagian bawah, Jadi tripod ini bisa diposisikan sedemikian rupa untuk motret low angle. (damn low angle) Lucu juga ada tripod bisa ndelosor gini. Tripod giottos memberikan solusi motret low angle dengan membalik posisi kamera. Dari segi aplikatif nya, jelas lebih praktis punya Manfrotto.

Nah ini dia yang bikin saya rada bingung antara memutuskan memakai manfroto atau Giottos.  Tripod giottos lebih tinggi. Sebenernya tinggi segitu ga begitu manfaat sie. Tinggi saya juga ga segitu amat. Cuman untuk safety nya, tripod yang lebih tinggi, ukuran legnya juga lebih panjang, otomatis jarak antar leg lebih lebar. Ini yang bikin motret lebih tenang karena jelas kamera lebih steady dan berdiri lebih kokoh.


Well.. kesimpulannya kedua produk sama sama memiliki keunggulan masing masing. Sejauh ini kayaknya untuk motret di pantai lebih aman pake Giottos, dan sayang juga kalo bawa manfrotto nya untuk motret di pantai . Untuk kepentingan motret still, studio, arsitektur.  kayaknya tripod Manfroto lebih oke. Selain lebih berat, lebih keren juga :P . Sementara masih berminat untuk jual yang Giottos, tapi kalo ga laku laku ya anggap aja Beli Tripod Manfrotto bonus Tripod Giottos :) ).

Tags: , ,

3 Responses to “Manfrotto 190X Pro B + 496RC2”

  1. “tapi kalo ga laku laku ya anggap aja Beli Tripod Manfrotto bonus Tripod Giottos”

    mas.. mas .. semoga gag laku :D he

  2. cendhika says:

    woo laa.. ayo dibeli sini nas :D

  3. arkrha says:

    giottosnya dujual brp mas ? :D

Leave a Reply


6 × = 12