November 6, 2012 2

Review Giottos MTL9251B & MH652

By in Blog, Fotografi

Tripod bisa jadi benda yang sepele bagi sebagian orang, fungsi dasarnya memang hanyalah untuk dudukan kamera yang membantu memotret dalam kondisi still. Awalnya saya juga berpikir tripod ga perlu bagus bagus amat. Ga kepikiran juga kenapa ada tripod yang harganya hampir sama kayak harga kamera. Gila aja ada tripod harganya 3,5jutaan (ternyata ada juga yang 13 jutaan!). Tapi setelah punya gear yang rada “berat” dan kebutuhan fotografi yang lebih. Baru sadar juga kebutuhan support tripod yang rada oke.

Selama dua tahun ini saya pake Tripod Excell UFO 260 , cukup senang awalnya pake tripod ball head. Pergerakan jadi leluasa dan adjustment lebih mudah. Tapi rupanya tripod ini kurang kuat untuk nahan 5D + lensa yang rada berat macam 24-70 dan 70-200. Legnya melengkung kalo dipaksakan. Dan ballheadnya suka melorot sendiri kalo dibiarin lama. Padahal akhir akhir ini suka hunting ke pantai. ga bisa dibayangin deh kalo ada apa apa sama tripod gara gara nahan beban yang ga seharusnya. Kepikiran sie untuk ganti tripod yang lebih oke, cuman ngempet dulu karena masih pengen rada hemat. Sampai akhirnya tripod Excelku ketinggalan pas motret event pinasthika beberapa hari lalu. Belum kutelusuri sie keberadaannya, tapi sementara kusimpulkan ilang (supaya punya alasan beli tripod baru :P ).

Proses hunting pun dimulai. Yang jelas pengen yang rada oke. Budgetnya ya 1-2jutaan lah. Iseng iseng nglirik merk macam manfrotto. Tapi gila juga harganya, untuk head nya aja harganya 900ribuan -_- belum tripodnya yang 1,8 jutaan.. Hadeww.. masih ga tau juga kenapa semahal itu.. Merk Gitzo apalagi.. yang ini kayakke ga ada toko di jogja yang jual. Nglirik merk yang sama, excell, sebenernya banyak pilihan oke sie..setelah 2 tahun, improvement merk ini kayakke cukup lumayan. Untuk tripod yang looks good dan strong enough, harganya cuman 650-800 ribuan.  Cuman kayakke kurang sreg kalo pake Excell lagi. Sampai akhirnya coba coba beberapa merk lain yang ada rada sreg sama merk “Giottos”.

Rada aneh juga sie namanya. Mirip mirip sama merk tripod premium “Gitzo” , sempat mikir jangan jangan ini plesetannya. Whatever lah, yang jelas dari tripod yang penting fungsinya. Nah bedanya beli tripod premium sama tripod standard, kalo beli tripod premium, head dan leg nya dijual terpisah. Hunting pertama, jelas headnya, percuma juga leg bagus tapi headnya ga oke. Sempat bingung antara manfrotto 494RC2 sama Giottos MH652. Harganya mirip cuman selisih 100ribuan. Cuman manfrotto ini adalah versi mini dari 496RC2 yang harganya 900ribuan. Sedangkan Giottos dengan harga 650ribuan, besarnya dan kapasitas bebannya hampir sama. Satu hal lagi yang akhirnya bikin saya pilih Giottos adalah quick release nya yang inovatif. Handle lock nya jadi satu sama handle quick release macam operan sepeda mtb. Penampang nya juga lebih besar.

Disamping itu ada juga water pass di headnya. Bantu banget untuk motret landscape. (pengalaman selama ini saya sering benerin horizon yang miring gara gara moretku sering ga bener).

Well, head udah mantap nebus merk Giottos, untuk legnya emang oke nya pake merk yang sama. Saya pilih MTL9251B. Harganya 1jutan. Hal pertama yang bikin saya tertarik adalah ada toolbag yang nggantung.Ga terlalu krusial sie, cuman unik aja. :P

Di bagian bawah ada handle untuk pasang sanbox. Yang berfungsi pemberat tripod supaya lebih steady.

Setalah ditinggikan maksimal, ternyata ni tripod tinggi juga, sebenernya bukan melulu masalah tinggi sie, saya sendiri kayakke ga setinggi itu, ga pengen repot juga harus bawa “dingklik” kalo harus motret dengan memaksimalkan tinggi tripod. Cuman dengan ukuran leg yang lebih panjang, means ruas penopang, jarak antar satu leg dengan leg lain juga lebih lebar. Otomatis, tripod jadi lebih safe. Ini yang bikin lebih tenang kalo motret. :)

Posisi paling pendek? Maksimal! seperti tripod lain pada umumnya, ruas pipa headnya bisa dibalik, cuman yang saya suka, ada lock di bagian ujung pipa yang bisa nahan pipa “mrusut”.

Well, sekian ulasan tripod baru saya, pengen segera hunting sambil “reyen” tripod baru, cuman cuaca nampaknya masih kurang bersahabat. Thanks for reading. Semoga bermanfaat. ;)

Tags: , , , ,

2 Responses to “Review Giottos MTL9251B & MH652”

  1. annas says:

    wuih..anggap saja hilang tripodnya >_<
    muantep mas :D

  2. cendhika says:

    wkwkw lha emang ga da kabarnya je nas, lagian udah rusak :D

Leave a Reply


− 1 = 5