January 1, 2013 3

Review Dell 2412M vs Dell 2410 (Resolusi Tahun Baru)

By in Blog, Gadget

Ini adalah postingan saya pertama di tahun ini. Sengaja ingin membahas tentang Layar monitor yang baru saya beli beberapa minggu lalu karena memang monitor erat hubungannya dengan agenda hari pertama di tahun baru. Yakni tentang resolusi tahun baru. Hanya bedanya kalo umumnya resolusi tahun baru adalah tentang target pencapaian dan rencana jangka setahun ke depan, resolusi tahun baru saya kali ini adalah 4864 x 1280 pixels. :P

Oke, saya adalah salah satu fans dari layar dell sejak pertama kali nemu layar second merk ini di pameran komputer. Layar monitor jadul yang saya beli karena tertarik dengan kemampuan swivel layar nya. Saat itu layar yang saya beli untuk mendampingi layar Acer 19inch yang menggantikan layar LG CRT kotak. Sampai rumah cukup amazed dengan kualitas gambar yang dihasilkan. Warnanya lebih kaya dan gambar nya jauh lebih tajam dari acerku waktu itu. Mulai dari situ berkeinginan suatu saat akan membeli layar Dell lagi dengan ukuran yang lebih besar ketika sudah dirasa membutuhkan.

Sampai akhirnya kebutuhan muncul ketika dituntut untuk mampu mendesain web yang responsive. Web yang akan menyesuaikan layout nya ketika dibuka pada resolusi layar yang berbeda. Kebutuhan layar >1080p jelas suatu kewajiban. Awalnya agak susah juga cari layar monitor ini di Jogja. Tidak banyak toko yang menjual produk layar dell. Adapun koleksinya cukup sedikit dan bukan tipe yang saya harapkan. Hingga akhirnya nemu seller di kaskus. Yang jual layar monitor Dell dengan harga di bawah rata rata. Akhirnya kubeli sebuah layar Dell Tipe 2412M. Layar 24 Inchi swivel dari Dell seharga 3,2 juta. Cukup mahal juga untuk rata rata layar seukuran ini. Tapi tetep yakin worth dengan kualitas yang diberikan.

Kesan pertama yang saya dapat dari pertama kali menyalakan Dell 2412 di komputer saya adalah layar ini silau! padahal ekspektasi saya, layar ini bisa memberikan rasa nyaman ketika memandang yang sama seperti Dell jadul saya sebelumnya. Baca baca di forum, ternyata emang ini adalah salah satu masalah pada layar IPS ( saya juga kurang paham teknologi ini, tapi yang jelas teknologi ini nambah angle view monitor). Semacam ada lapisan cahaya terang di balik layar yang membuat layar ini silau. Bahkan cahaya silau yang glossy tersebut membuat warna hitam di layar tidak menjadi sepenuhnya hitam karena terang. Apalagi setelah saya telusuri, kode M pada seri layar ini maksudnya adalah “mainstream”. Yang berarti layar tipe ini diperuntukkan untuk kebutuhan umum seperti browsing, nonton film di komputer, dll. Sedangkan yang ingin menggunakan monitor untuk pekerjaan foto atau desain, Dell membuat produk professionalnya yakni seri 2410, yang harganya hampir 2 kali lipatnya. :(

Alhamdulillah,akhir tahun 2012 ada rejeki untuk nambah monitor lagi, ga salah lagi, pilihan langsung jatuh ke seri 2410. Kebetulan waktu itu posisi di Jawa timur. Jadi langsung cari di representative master dealer nya Dell di HiTech Mall Surabaya. Pertama kali di unboxing sama penjualnya. Pegang layar ini emang rasanya beda banget. Build quality dan desain nya jauh dibanding dengen seri mainstreamnya. Bener bener layar yang kudambakan :p. Stand nya beberapa bagiannya terbuat dari logam. Yang bikin desainnya tampak kokoh dan juga membuat ukurannya jadi super berat untuk ukuran monitor komputer LED. Well.. untuk lebih jelasnya mari kita lihat penampakannya disandingkan dengan Dell 2412 dan Dell 1706fpv.

Seperti yang saya sebutkan di atas, kelemahan layar Dell 2412 yang paling noticeable dan jadi pertimbangan utama saya memutuskan untuk nembus layar satu lagi adalah tampilannya yang super glossy (silau).  Tampak pada gambar di bawah, layar 2412 di sebelah kanan warna hitam nya tidak hitam. Karena pengaruh backlight yang cukup terang. (keadaan brightness normal)

Pada kondisi menampilkan gambar berwarna, warna yang dihasilkan 2410 lebih kaya.

Desain layar bagian belakang juga cukup berbeda. Seri 2412(kiri) lebih stylish, sedangkan layar 2410 (kanan) lebih tegas.

Tombol untuk akses menu di layar 2410 dibuat sensitive touch, tanpa tombol namun hanya dengan sensor sentuhan.




Pertimbangan utama saya yang lain dalam membeli monitor ini adalah input interfacenya yang sangat lengkap. Monitor Dell seri 2410 ini dilengkapi dengan 2xDVI, VGA, HDMI dan display port. Sedangkan seri 2412 hanya dilengkapi dengan VGA dan DVI saja. Dengan port hdmi, jadi saya masih bisa memanfaatkan layar Dell jadul saya. Karena slot dvi jadi nya masih tersisa :D

Well, sekian yang bisa saya share dari pengelaman memakai dua layar dell 24″ beda seri. Semua memberikan kepuasan masing masing, yang satu produk yang value yang harganya terjangkau. Yang satu produk professional namun dengan budget yang lebih tinggi. Semoga bermanfaat :)

Tags: , ,

3 Responses to “Review Dell 2412M vs Dell 2410 (Resolusi Tahun Baru)”

  1. Yudhi Agus says:

    Whohoho…
    ternyata memang ada harga ada rupa.. :D

    joss..

  2. hermansasongko says:

    dealernya dell d hi tech mall surabaya d mana ya bro klo boleh tau..thank u

  3. ZUHAIR AKBAR says:

    waow keren sekali bte di bandung deler resminya beralamat dimna ?

Leave a Reply


5 + = 7