January 26, 2013 9

Seminggu di Bali (3rd Day)

By in Blog, Trip

Setengah hari ketiga di Pulau bali kami sibukkan untuk packing dan planning agenda hari ini. Sebenaranya tujuan destinasi sudah jelas dan udah saya sortir sedemikian rupa. Hanya yang bikin pagi ini agak ribet adalah kesibukan kami merencanakan cara yang efektif untuk check out sekaligus bisa hunting di beberapa lokasi. Apalagi hari ini bertepatan dengan hari jumat, maka perlu dipikirkan juga cara untuk mencari tempat melaksanakan ibadah jumat. Well.. di bali emang masjid tidak sebanyak di pulau jawa. Bahkan adzan jarang sekali terdengar. Awalnya kami juga sedikit bingung dengan waktu ibadah shalat. Bagaimana tidak. Pukul 6 sore, langit masih terang. Baru ngeh setelah tahu ternyata waktu shalat magrib adalah pukul 7.

Setelah berdiskusi dengan Bhaguz, kami memutuskan memakai jasa carter mobil beserta sopirnya. Kebetulan masih nyimpen no handphone Afeng, carteran mobil yang jasanya aku gunakan saat pertama kali ke Bali. Singkat cerita si Afeng berhalangan dan menghubungkan saya dengan temannya. Tarif sopir plus mobil di Bali rata rata berkisar Rp 60.000 Jam, kami mendapat penawaran lebih murah yakni Rp 50.000 per jam. Biasanya minimum 5 jam untuk sekali sewa. Agak mahal juga sie untuk penumpang yang hanya dua orang. Tapi bagaimana lagi, cara paling aman untuk transit ke hotel sekaligus menyimpan barang bawaan ya pake mobil. Ga bisa bayangin kalo betapa ribetnya hunting foto sekaligus nggotong dua tas pakaian besar di pantai. Setelah janjian dengan Mas Antok, temen mas Ateng. Kami lanjut packing.

Rencana mendadak berubah ketika kami baru radar kalo check out kami masih keesokan harinya! Kami sendiri juga bingung kenapa kok sampe bisa berpikiran hari ini adalah saat untuk check out. Mungkin gara gara mindsetku bahwa hari ini adalah hari ketiga, dan jumlah hari kami menginap adalah tiga hari maka waktu kami menginap sudah habis. Padahal jumlah menginap di hotel bukan dihitung hari, tapi jumlah malam. Jadi 4 hari 3 malam. Akhirnya packing dihentikan dan cancel carteran.

Sebelum jumatan, saya menghubungi pihak hotel untuk mencarikan carter motor. Beberapa teman emang lebih menyarankan untuk carter motor daripada mobil di Bali. Selain lebih murah dan praktis. Jalan di Bali mostly sempit sempit dan bakal lebih menyusahkan kalo bawa mobil. Ongkos sewa motor di Bali juga ga begitu mahal. Rata rata hanya Rp 50.000 per hari! Kalo beruntung kita bisa dapat persewaan yang hanya Rp 35.000/hari. Ya tergantung motornya juga sie. Dengan ongkos yang pertama, saya dapat motor honda mio. Terlalu kecil sie untuk ukuran Saya dan Bhaguz. Tapi cukup lah. Salah juga dari awal ga request. Mungkin kalo dari awal bisa request saya bakal pesen Kawasaki ZX6R atau Ducati. :hammer:

Jumatan, kelar dan It’s ADVENTURE TIME! excited banget bisa menjelajah bali sendiri. Apalagi udah lama ga pake motor. Langsung nyanggupi pas Bhaguz tanya siapa yang depan. Dengan bekal GPS kami pun SIAP!

Baru aja beberapa meter keluar dari Hotel, si Bhaguz udah teriak teriak. Entah gara gara emang motornya emang ga beres atau berat badan kita yang overload :P , susah juga ngemudiin nie Matic. Apalagi jalanan di Bali lumayan Macet di beberapa daerah terutama Kuta. Akhirnya kita change position. Lagian aku lebih nguasai cara pake GPS ku.

Oh ya, tujuan kita kali ini adalah Pantai Dreamland, yang dari hasil survey melalui google, nie pantai cukup asyik untuk motret landscape karena kontur pantainya yang sedikit berkarang. Jarak dari hotel ke Pantai dream land cuman 23km an. Dengan asumsi kecepatan 60km/jam, mungkin kita bisa sampe less dari 30 menit. Ya katakanlah macet di kota, maksimal ya 1 jam lah. Sepanjang perjalanan kami cukup enjoy dengan kecepatan 30km/jam sambil menikmati macet dan suasana riuh kota Bali. Tapi ketika melewati jalan lebar dengan jalur cepat, sebuah fakta menyebalkan datang. Motor Mio yang kami tumpangi ga mau diajak jalan lebih dari $40/jam. Dengan kecepatan segitu, jalan di jalur cepat rasanya bikin gregeten banget. Tapi kalau diitung itung ya lumayan juga lah. Mungkin cuman butuh kesabaran ekstra aja. Kesabaran kami makin diuji ketika cuaca berubah ubah sangat cepat. Dikit dikit gerimis, sampe hujan, pake mantel, eh giliran udah pake mantel, mendadak cuaca jadi terang. Hadew.. lagi galau kali ya cuacanya.

Kami melanjutkan perjalanan dengan kecepatan konstan $40/jam. Menikmati satu demi satu kendaraaan yang melewati kami sambil latihan berhitung. Ya cukup mbayangin dulu aja kalau nanti perjalanan ini bakal terbayar lunas setibanya di pantai dreamland, pantai impian! eh belum sempat kami selesai mbayangin ada rambu rambu yang cukup menyita perhatian kami..

Motor yang kami tumpangi ga mau nanjak! padahal udah lumayan jauh kami menempuh perjalanan. Akhirnya daripada ga dapat hasil. kami niat untuk nyervis nie motor sewaan. Asumsi kami paling cuman masalah settingan karburator yang kurang pas atau apa.

Cukup bosan juga sie kami nunggu. Apalagi laptop juga saya tinggal di kamar hotel. Jadi ga ngapa ngapain selain nongkrong nunggu antrian servis motor. Daripada nganggur akhire saya inisiatif untuk cari sesuatu untuk dipotret. Kebetulan ada obyek menarik di seberang jalan.

hehehe di Bali emang kami sering sekali menemui Kerbau. Entah emang populasi nya banyak atau kenapa tapi yang jelas kerbau fotogenic juga kalo difoto *eh.

Alhamdulillah motor akhirnya selesai diservis. Total habis 20ribu untuk bersihkan karburator dan ganti busi. Efeknya? hampir ga ada. Motor tetep ndut ndutan kayak undur undur. Nyesel deh ga ngetes dulu motor sebelum disewa. Daripada galau gara gara mio, akhire kami mutuskan untuk mencari destinasi lain terdekat dari tempat kami saat itu. Tertunjuklah GWK. Dan Damn! ternyata jalan menuju GWK juga menanjak! Ga habis akal, akhire kami cari lagi destinasi yang ga perlu nanjak! paling praktis ya pantai terdekat. Searching di GPS nemu Jimbaran Bay. Dekat cuman 8 km. Cabuutttt Ghuz!!

Alhamdulillah, sampe sana cuaca berangsur cerah. Bahkan sinar matahari striking kenceng banget dari samping. Firasat baik untuk sunset nanti. Lebih surprising lagi, ternyata lagi ada upacara adat! Aaaa.. thanks God! ternyata Engkau punya rencana lain di balik hal hal yang kita alami di awal.

Sunset mulai turun dan waawwww!

Alhamdulillah.. puas rasanya hunting kali ini. Akhirnya 3 hari ini di Bali, langit menunjukkan kecantikannya juga. Kami pun pulang dengan hati riang.. halah..

Sesampainya di hotel kami lantas bergegas bersiap kembali. Bhaguz ada mini gath multi regional sama temen temen MCI. Sekalian sama nambah temen baru lagi :D . Kami dijemput di hotel kemudian lanjut ke Makan malam di rumah makan sederhana dengan menu makanan super pedas!

Oh ya.. kumpul kumpul temen temen MCI ini, saya berkenalan dengan Andre, kepala suku MCI Bali yang hobi maen motor. Andre ini juga yang bawa mobil dan kemungkinan akan berbaik hati meminjamkan motor Kawasaki ZX250cc full modif kesayangannya untuk sarana transport kami 3 hari kedepan :D . Ada juga Pasangan Gus Mank dan Angen, Fotografer Majalah Wedding Internasional di Bali sama Pacaranya yang juga fotografer. Yang terakhir ada Mas Dito, dari Bandung berserta pacarnya Riri yang juga kebetulan baru datang tadi pagi untuk liburan di Bali sampai Selasa Depan.

Setelah ngobrol dan banyak bercanda di warung makan, kami diajak Andre nongkrong di Art Cafe sampai jam 12 malam kemudian Andre dan temen temen mengantar kami ke hotel.

Thanks Andre! thanks Gusmank, Angen, Dito, Rini!
Thanks God for the awesome day and new good peoples!

Besok Mas Dito berencana jemput kami di Hotel kemudian mengajak untuk ikut serta jalan jalan di pulau menjangan sekaligus negater kami transit ke Ubud. Semoga menjadi another awesome day. Stay tuned! ;)

Tags: , , ,

9 Responses to “Seminggu di Bali (3rd Day)”

1. adi says:

kayaknya dah pernah ketemu deh ama yg gemuk di JEC

2. Firman says:

Apa ada merk Honda type Mio??

3. cendhika says:

@adi : pas di ajak bhaguz kali di?
    @firman : eh iya, wwk.. teliti bgt Mas Firman ni. thanks mas :D

4. Miftahur says:

Wkwkwk… Postingan ini bener-bener bikin ngakaks =))

#tapi seru juga :D

5. Gusmank says:

mantap mas broooo \m/

besok masih di ubud kan ya?
    kalo gak sibuk kita samperin deh… skalian ke bu OKA…
    wkwkwkwkkwkw

6. asik asiik.. seru sekali crita nya, ngk sabar nunggu seri berikutnya.. :D

7. titha says:

seruu liburannyaa! brasa ngikut ke bali .. hehe:D

8. Julia says:

kayaknya foto2 nya selevel sama foto2 yg ada di website kelas dunia…
    calon fotografer prewed and merid ku lah, sapa lagi.. ahahahaha

9. Gavin says:

bro bisa sewa ZX6R dmn bro..?